Sanad Kekeluargaan KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahab Chasbullah

Berjutaprna.or.id,- KH Hasyim Asy’ari keturunan dari Kiai Asy’ari dan Nyai Halimah. Baliau dilahirkan di masjid Ngedang, Jombang Jawa Timur, yang sekarang letaknya berada dibelakang Madrasah Aliyah Unggulan KH. Wahab Chasbullah Tambakberas Jombang.

Dari garis keturunan sang ibunda, beliau adalah keturunan raja Brawijaya ke-VII. Ibunda Nyai Halimah bernama Nyai Lajjinah (baca Layyinah) seorang keturunan dari Kiai Abdussalam/ mbah Syechah ( pendiri pondok Selawe yang sekarang diganti dengan nama Bahrul Ulum).

Nyai Lajjinah adalah putri dari Nyai Sichah binti Abdul Jabbar bin Ahmad bin Pangeran Sambo (Samhud Bagda) bin Pangeran Benowo (Syekh Abdul Halim) bin Jaka Tingkir (Syekh Abdurrahman) bin Raden Brawijaya VI atau Lembupeteng. (Solichin Salam, 1963: 21).

Nyai Lajjinah dinikahkan dengan santrinya yang bernama Usman. Kiai Usman dan nyai Lajjinah dikaruniai¬†beberapa putra-putri. Salah satunya bernama Halimah(Winih). Kemudian Halimah dijodohkan dengan santri ayahandanya yang bernama Asy’ari dari Demak. Atas perjodohan tersebut dikarunia 11 putra-putri diantaranya Muhammad Hasyim (pendiri pesantren Tebuireng)

Sama halnya dengan KH Hasyim Asy’ari, KH Abdul Wahab Chasbullah, juga dilahirkan di Pondok Pesantren Tambakberas. Beliau putra dari KH Chasbullah Said dan Nyai Latifah yang pada saat itu KH Chasbullah Said menjadi pengasuh Pondok Pesantren Tambakberas.

Ayahnya yakni KH. Chasbullah adalah putra dari kiai Said selaku murid dari kiai Abdussalam yang menikahkan putrinya yakni nyai Fatimah. nyai Fatimah adalah putri ke 2 dari pasangan kiai Abdus Salam dan nyai Muslimah. Dari pernikahan inilah beliau berdua dikaruniai 4 anak, salah satunya Kiai Chasbullah, kiai Syafi’i, kiai Asim dan salah satu putrinya yang tidak disebutkan.

KH Chasbullah menikahi nyai Latifah yang berasal dari Tawangsari Sepanjang Sidoarjo. yang mana Keduanya masih mempunyai  keturunan yang sama dari Prabu Brawijaya V. Tetapi melalui garis keturunan yang berbeda. Dari pernikahan inilah beliau memiliki 3 orang putra dan 5 orang putri diantaranya KH Abdul Wahab, KH Abdul Hamid, KH abdur Rohim, nyai Khadijah ( istri KH Bisri Syamsuri), nyai Fatimah, nyai Solihah, nyai Zuhriyah, dan nyai Aminaturrokhiyah.

Lantas dimana KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab bertemu secara sanad keluarga ? Beliau bertemu secara sanad keluarga yakni terhadap buyutnya, yakni Kiai Abdus Salam/ mbah Syechah. yang mana kiai Abdus Salam adalah pendiri dan pengasuh pertama Pondok Selawe (yang sekarang telah menjadi Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas) dan cucu dari Jaka tingkir pendiri sekaligus penguasa kerajaan Pajang yang berada di wilayah Kertasura yang merupakan wilayah pedalaman pulau Jawa.

 

Editor : Rekanita Lilik