PR IPNU-IPPNU Desa Mojosari adakan RUMAT (Ruqyah Massal Untuk Ummat)

berjutapena.or.id ,-Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama(IPPNU) Mojosari Bekerjasama dengan MWCNU Asembagus dan LKP JRA Situbondo, mengadakan Ruqyah Massal di Pendopo, Desa Mojosari pada Jumat (11/ 03/2022) malam.

Turut hadir, Ketua MWCNU Kecamatan Asembagus, Rais Syuriah dan Ketua Ranting NU Desa Mojosari, PR IPNU-IPPNU Se-kecamatan Asembagus, dan peserta Ruqyah Massal lainnya yang juga terdiri dari Anak-Anak, Remaja dan para Orang Tua.

Selama kegiatan berlangsung, peserta lebih banyak menerima materi dibandingkan dengan teori. Hal itu membuat para peserta sangat menikmati kegiatan tersebut meskipun berakhir hingga Jam 22.00 WIB.

Kegiatan tersebut dibuka dengan membaca surat Al-fatihah. Ustaz Miftah, Kadiv LKP JRA Situbondo yang mendapat giliran pertama untuk mengisi kegiatan, menyampaikan beberapa ilmu tentang Ruqyah Aswaja. Mulai dari sejarah Ruqyah Aswaja, Metode Ruqyah Aswaja, Adab Ruqyah Aswaja, dan beberapa manfaat dari Ruqyah Aswaja.

Selanjutnya adalah kegiatan inti, yaitu pelaksanaan Ruqyah Massal. Sebelumnya, panitia dari PR IPNU IPPNU Desa Mojosari memberikan segelas air dan satu kresek kepada setiap peserta.

Setelah itu, dari tim LKP JRA Situbondo mulai memberikan arah-arahan kepada peserta. Saat peserta paham, tim Ruqyah LKP JRA Situbondo mulai membacakan bacaan Ayat suci Al-Quran, dan beberapa bacaan Shalawat. Tak lama kemudian, sebagian peserta mendapat respons dari Bacaan-bacaan tersebut. Banyak peserta yang mengalami muntah-muntah, yang kemudian dibantu oleh beberapa panitia.

Setelah membaca ayat suci Al-Quran dan beberapa shalawat usai, Ustadz Miftah dan beberapa tim LKP JRA Situbondo kembali memberikan nasihat dan Arahan mengenai kegiatan tersebut kepada peserta Ruqyah Massal. Tim LKP JRA juga sempat menawarkan air minum terapi yang sudah dibacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan beberapa shalawat kepada para peserta, ternyata banyak peserta yang tertarik dan bertanya.

Kegiatan tersebut berakhir dengan Infak seikhlasnya dari para peserta, dan sesi berfoto antara Panitia LKP JRA Situbondo.

Penulis: Rekanita Ainun