Latihan Kader Muda, PAC IPNU IPPNU Situbondo & Mangaran Siapkan Kader yang PAS

Situbondo, Berjutapena.or.id,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan pelajar Nahdlatul ulama (IPNU) Ikatan pelajar putri Nahdlatul ulama (IPPNU) Situbondo dan PAC IPNU IPPNU Mangaran Suxes adakan latihan kader muda (Lakmud) gabungan. Lakmud yang berjudul Simalakama (Situbondo, Mangaran Latihan kader muda) ini berlangsung pada tanggal 20-23 Januari 2022 kemaren. Tema yang diusung yaitu ‘Aktualisasi Pelajar Menjadi Kader NU yang PAS (Progresif, Aktif, dan Solutif). Bertempat di Pondok Pesantren Misbahul Ulum, Patokan, Situbondo.

Dalam Lakmud ini, terdapat 30 pelajar yang dinyatakan lolos Screening. Namun, hanya 27 orang yang mengikuti hingga akhir. peserta Lakmud tersebut tidak hanya pelajar yang berdomisili di Situbondo, namun juga berasal dari luar kota bahkan luar pulau, seperti pegiat IPPNU dari Kangean.

Rekanita Hikma, peserta yang berasal dari Pulau Kangean mengatakan alasan mengapa ia mengembara jauh ke luar pulau demi Lakmud, “Saya hadir ke sini karena Lakmud merupakan kebutuhan,” tegasnya.

Latihan Kader Muda yang diselenggarakan selama empat hari ini berisi paparan materi mengenai NU, aswaja, tata kelola organisasi, pembangunan jejaring dan lobi, kepemimpinan, sejarah IPNU IPPNU, dan Sejarah Indonesia.

Selain mendapatkan bekal materi, dengan mengikuti Lakmud ini pelajar juga dapat memperoleh rekan dan sahabat baru. Hal itu seperti yang telah dikatakan oleh Rekanita Kama. “Dengan mengikuti Lakmud, saya dapat menambah ilmu, wawasan, pengalaman, mencoba hal baru, dan menambah teman baru,” katanya.

Penulis : Daisy Restu Rosalina Al Muslimah

Editor : Fitri

Muhammad Robet Asraria Soma
Santri Tulen